h1

Input Output

Januari 1, 2012

Input Output

komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut:

1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.

2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang   mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri.

3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.

 

Alat-alat Input

 

Alat input = (input device / input unit / input equipment) adalah alat yang digunakan untuk menerima input.

Input : Adalah energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem.

Signal input : Signal input adalah data yang dimasukkan ke sistem komputer.

Maintenance input : Adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Terminal dapat digolongkan sebagai berikut:

  1. Non InteligentTerminal

Non inteligent terminal terbatas hanya berfungsi sebagai alat pemasukan input dan penampil output saja. Terminal seperti ini tidak bisa diproses karena tidak mempunyai processor. Non intelligent terminal disebut juga dengan nama dump terminal.

  1. Smart Terminal

Smart terminal mempunyai suatu microprocessor dan beberapa internal memory di dalamnya. Dengan smart terminal, input yang sudah terlanjut dimasukkan dapat dikoreksi kembali.

  1. Inteligent Terminal

Intelligent terminal disebut juga dengan nama logic terminal atau programmable terminal, karena dapat diprogram oleh pemakai komputer. intelligent terminal juga mempunyai micro processor dan internal memory di dalamnya. Input dapat dimasukkan ke terminal ini, dikoreksi kembali bila masih salah, dan dapat dikirimkan ke pusat komputer bila dihubungkan dengan pusat komputer untuk di proses.

ALAT INPUT LANGSUNG

  1. Keyboard

Merupakan papan yang terdiri dari tombol huruf, angka, dan simbol.Fungsinya untuk memasukkan data dengan mengetik huruf dan simbol lainnya pada komputer.

 

Susunan tombol huruf keyboard ada dua macam:

Ø  QWERTY.

Adalah susunan tombol huruf keyboard yang paling banyak digunakan pada keyboard terkini.

Ø  Dvorak

Adalah susunan tombol huruf pada keyboard yang dipatenkan. Nama lain susunan keyboard ini adalah Simplified Keyboard. Susunannya berdasarkan penggunaan huruf yang paling sering digunakan akan diakses oleh jari terkuat. Lebih ergonomis daripada keyboard QWERTY

  1. Pointing Device

a.  Mouse

Merupakan penunjuk (Pointer) yang dikenal dengan sebutan mouse. Fungsinya untuk:

  • Penunjuk dalam memilih program/file dan perintah yang diperlukan
  • Alat bantu dalam meletakkan gambar
  • Alat bantu yang tidak dapat dilakukan oleh keyboard

 

Istilah pada Mouse:

  • Pointer: Sebuah anak panah yang terlihat dilayar yang dapat bergerak bebas.
  • Pointing  gerakan mouse untuk menggerakkan pointer pada layar
  • Klik: Menekan tombol bagian kiri dari mouse satu kali
  • Double klik Menekan tombol mouse bagian kiri dua kali secara cepat.
  • Klik Kanan Menekan tombol bagian kanan dari mouse satu kali
  • Drag (geser): menekan tombol sebelah kiri mouse dan ditahan sambil pointing.
  • Select (pilih) :Meletakkan pointer pada suatu objek.
  • Mouseball :Mouse yang menggunakan bola di bawahnya untuk menggerakkan pointer
  • Mousepad las untuk mouse
  • Mouse optic Mouse yang menggunakan sensor optik untuk menggerakkan ponternya.
  • Tracball Mouse bola yang bolanya terdapat di bagian atas.
  • Trackpad Bantalan yang sensitif terhadap sentuhan. Biasanya digunakan untuk laptop.
  • Integrated pointed device Berupa joystick kecil yang terdapat pada sela-sela tombol keyboard. Untuk menggerakkanya, kita menggerakkan joystick tersebut.
  • Touch sreen Sistim ini menerima input langsung dari layar dengan menggunakan sentuhan jari tangan.

 

b.      Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam.

  1. Kamera

Seiring dengan perkembangan teknologi, pengguna kamera juga telah banyak yang beralih kepada kamera yang memiliki hubungan dengan komputer dengan pertimbangan kemudahan dalam pengeditan dan penambahan komponen.

  1. Joystick

Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse.

 

  1. 5.      SCANNER 

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

Terdapat beberapa jenis pemindai :

 

v  pemindai gambar

v  pemindai barcode

v  pemindai sinar-X

v  pemindai cek

v  pemindai logam

v  pemindai Optical Mark Reader (OMR)

 

Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

  1. Flatbed

Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

 

 

  1. Automatic Document Feeder (ADF)

Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

 

Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

  • kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
  • dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
  • dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
  • sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

Alat yang bekerja dengan meraba secara elektronik input yang akan dibaca, jenis scanner adalah:

  1. Magnetic Ink Character Recognition
  2. Optical data reader
  3. OCR reader
  4. OCR tag reader
  5. OMR reader
  1. Touch screen

Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris Touchscreens, touch screens, touch panels atau touchscreen panels adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.

  1. Barcode 

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

  1. Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

  1. Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

 

3.1.2        ALAT INPUT LANGSUNG

Floppy disk (FDD)

Merupakan peraltan input perantara media penyimpanan data berupa disket. Funsinya untuk menghubungkan media penyimpanan berupa disket ke CPU yang diproses sebagai data input atau media penyimpanan data hasil pemrosesan.

Optik disk drive

  • CD-Rom (Compact disk read only memory)

Merupakan alat perantara untuk input data melalui media penyimpanan berbentuk CD atau compact disk (berupa lempengan yang terbuat dari bahan fiber) ke CPU untuk diproses untuk menjadi informasi yang diinginkan.

  • DVD-Rom (Digital Video Display Read Only Memory)

Alat perantara input data melalui media penyimpanan berbentuk DVD (berupa lempengan yang terbuat dari bahan fiber) ke CPU.

 

Alat-alat Output

Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut.

 

• Tulisan

• Image

• Suara

• Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).

 

1. Monitor

Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.

 

(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.

(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.

(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA

(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.

(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.

2. Printer

Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Printer berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.

  • Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
  • Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.

3. Plotter

Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.

 

4. Speaker

Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.

5. Proyektor

Proyektor merupakan suatu alat  yang dapat menampilkan suatu laporan. Proyektor biasanya digunakan dalam sebuah presentasi baik dalam kelas maupun meating suatu pekerjaan. Dengan menggunakan proyektor seseorang mengontrol suatu data yang ingin ditampilkan. Proyektor juga dapat mempermudah audioens dalam melihat suatu laporan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: