h1

Tinjauan IBD (Ilmu Budaya Dasar)

Januari 1, 2012

1.      Tinjauan Tentang IBD

Mata kuliah IBD adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan mengenai :

a. Nilai-nilai kehidupan / Norma-norma :

  • Nilai adalah harga yang digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat kebendaan baik dari segi artistik,segi usia benda,dan menyangkut pada penghargaan terhadap suatu tradisi/kebiasaan suatu masyarakat tertentu.
  • Norma adalah ukuran-ukuran nilai hukum tradisi yang berlaku pada masa dan komunitas masyarakat tertentu. Contoh : Seperti nilai-nilai aturan dimasyarakat sasak di lombok yang mengharuskan seorang pria mencuik gadisnya terlebih dahulu dan dibawa kerumah sebelum dinikahinya,dan aturan ini hanya berlaku pada masyarakat sasak saja.

b. Kebudayaan

  • Kebudayaan adalah suatu kesenian adat istiadat yang berstruktur dan  terbagi dalam berbagai macam aspek kesenian,bahasa,adat istiadat,budaya daerah maupun nasional yang dimiliki setiap manusia sebagai anggota masyarakat.

c. Berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Banyak masalah yang dihadapi manusia dikehidupannya sehari-hari berupa pekerjaan,ekonomi,dan budaya. Salah satu masalah yang terjadi mengenai budaya,yakni hasil kesenian budaya indonesia berupa Tari pendet,Reok Ponorogo,Batik solo,dan masih banyak lagi dijajah atau diakui kepemilikannya oleh bangsa lain yaitu Malaysia.

Setelah mendapatkan mata kuliah IBD mahasiswa diharapkan dapat memperlihatkan :

  • Minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi disekitarnya dan diluar lingkungannya.
  • Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara kehidupan sehari-harinya.
  • Kerelaan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah secara berdiri sendiri ia membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri.Hal ini guna memperluas pandangan mereka mengenai masalah kebudayaan dan dapat mengembangkan daya kritis mereka.
  • Keberanian moral dan tanggung jawab pada nilai yang sudah dianggapnya benar dan menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.Misalnya ada mahasiswa yang menawarkan rokok,kita dapat menolaknya dan mencari kegiatan lain yang lebih positif.

Latar belakang IBD dalam konteks budaya dan masyarakat berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :

a. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan keanekaragaman yang tidak lepas dari ikatan primordial,kesukuan,dan kedaerahan.

  • Primordial adalah suatu pandangan / paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawanya sejak kecil mengenai tradisi,adat istiadat,kepercayaan yang ada didalam lingkungannya,memiliki sikap melestarikan budayanya namun dapat membuat individu bersifat etnosentrisme.

b. Proses pembangunan yang menimbulkan perubahan sistem budaya hingga mental manusia pengaruhnya.

  • Hal ini disebabkan karena pembangunan di Indonesia yang tidak merata,karena tidak meratanya pembangunan maka mental manusia pun dapat dengan mudah terpengaruh dengan budaya asing,budaya asing sangat lah tidak cocok dengan gaya hidup kita yang ketimur-timuran misalnya saja dari segi pakaian kita cenderung tertutup namun budaya barat lebih buka-bukaan.

c. Kemajuan IPTEK menimbulkan perubahan kondisi kehidupan Indonesia.

  • teknologi selain berdampak baik juga berdampak buruk untuk masyarakat,karena dengan kemudahan-kemudahan yang diberikannya menjadikan masyarakat cenderung malas.

2. Ilmu Budaya Dasar Sebagai Bagian dari Mata Kuliah Dasar Umum

Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut :

a. Berjiwa Pancasila

  • Sehingga segala tindakan maupun keputusannya mencerminkan nilai nilai pancasila,dengan mendahulukan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi.

b. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

  • Ini adalah sikap yang haring dimiliki oleh setiap manusia,harus selalu menjalankan printahnya dan menjauhi larangannya,harus bertindak sesuai yang diajarkan agamanya,dan bertenggang rasa antar umat beragama.

c. Memiliki wawasan komperhensif dan pendekatan integral dalam menyikapi masalah sosial,ekonomi,budaya,politik,maupun pertahanan keamanan.

  • Wawasan komperhensif maksudnya mahasiswa diharapkan mampu menangkap dengan ruang lingkup,permasalahan yang timbul dari berbagai aspek,hingga dapat memperlihatkan wawasannya yang luas.

d. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan masyarakat,dan mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya dan berperan serta dalam pelestarian alam.

  • Karena kebudayaan merupakan warisan turun temurun yang dimiliki suatu negara maka masyarakat terutama pemuda diharap dapat ikut berperan aktif guna mempelstarikan budaya maupun alam agar tidak punah dan dijajah oleh negara lain.

3.Pengertiasn Ilmu Budaya Dasar

IBD adalah pengetahuan yang duarapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masala-masalah kemanusiaan dan kebudayaan.

Menurut Prof.Dr.Harsya Ilmu Pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar,yaitu :

1. Ilmu-ilmu alamiah ( Natural  Science )

  • Bertujuan mengetahui keteraturan keteraturan dialam semesta. Kajiannya menggunakan metode alamiah,dapat 100% benar 100% salah. Contoh : astronomi,fisika,kimia,kedokteran.

2. Ilmu-ilmu sosial ( Sosial Science )

  • Bertujuan mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Kajian mengunakan metode alamiah,hasilnya mungkin 100% benar hanya mendekati kebenaran. Contoh : Ilmu ekonomi, sosiologi, polotik, demografi, psokologi, sosiologi hukum, dsb.

3. Pengetahuan Budaya ( The Humanities )

  • Bertujuan untuk memaham dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang besifat manusiawi. Metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan yang bersifat unik,kemudian diberi arti.

4. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

  • Mengusahakan kepekaan mahasisa terhadap lingkungan budaya,sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru,terutama untuk kepentingan profesi.
  • Memberi kesempatan pada mahasiswa memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis terhadap persoalan yang menyang kut kedua hal tersebut.
  • Mengusahakan masasiswa sebagai calon pemimpin bangsa tidak jatuh kedalam sifat yang kedaerahan  dan perkotaan disiplin yang ketat. “kedaerahan dan perkotaan adalah disiplin yang ketat hal ini terjadi karena lingkup pendidikan yang sempit,hingga membuat manusia berpandangan kurang luas.
  • Menguasai ahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

5. Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar

Dua Masalah Pokok :

  • Aspek kehidupan merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang didekati dengan pengetahuan budaya,selain itu dari segi disiplin dalam pengetahuan budaya maupun gabungan antar bidang.
  • Hakekat manusia yang Universal namun beraneka ragam perwujudannya,seperti yang terlihat pada ekspresinnya dalam berbagai bentuk,corak,pikiran,tingkah laku,perasaan.

Pokok Bahasan yang dikembangkan adalah :

1. Manusia dan Cinta kasih

  • Kasih Perwujudan perasaan cinta pada sesama karya-karya seperti sajak percintaan,rekaman lagu percintaan,dsb.

2.Manusia dan keindahan

  • Sulit untuk dipisahkan,diperluaskan pelestarian bentuk yang dituang dalam seni rupa,seni suara,dll.

3.Manusia dan Penderitaan

  • Derita berarti merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.

4. Manusia dan Keadilan

  • Keadilan sebuah pengakuan dan pelakuan yang seimbang antar hak dan kewajiban.

5. Manusia dan Pandangan Hidup

  • Manusia yang memiliki pandangan hidup berarti memiliki rencana untuk mengarahkan tujuan hidupnya untuk berbuat dan berpikir harus apa.

6. Manusia dan Tanggung Jawab serta Pengabdian

  • Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dari manusia. Setiap orang harus memilikinya,karena tanggung jawab tidak akan pernjah lepas dari setiap insan manusia

7. Manusia dan Kegelisahan

  • Kegelisahan timbul karena kadaan yang membuatnya terancam atau orang yang sedang berada dikeadaan yang tak lazim

8. Manusia dan Harapan

  • Menginginkan sesuatu yang dianggapnya benar serta jujur oleh setiap manusia hingga bisa memilikinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: