h1

Daun Sirsak Pengusir Tikus

Mei 2, 2012

Tikus mamang hewan paling nyebelin.
Selain menyisakan bau pesing disudut-sudut rumah, juga hewan pengerat ini meninggalkan banyak kotoran yang juga menyisakan bau yang sangat tidak sedap. Sampah atau apapun yang habis diobok-obok si tikus pun pasti sangat berserakan, gak didapur, ruang keluarga bahkan diruang tamu pun rentan akan keberadaan mahluk yang menimbulkan kebisingan tersebut.

Puncak kejengkelan gw pas 3 malam lalu, saat itu gw lagi tertidur diruang keluarga sembari menonton televisi, gw terkaget-kaget terbangun dari tidur karena gigitan tikus pada jari-jari tangan gw, untungnya gak terluka atau bolong nih jari-jari tangan. Dulu teman gw pernah ngalamin digigit tikus jari tangannya hingga terluka, dan bengkak luar biasa. Nyut-nyutan dan sakit banget katanya, sampai panas dingin segala dibuatnya. Dan setelah berobat ke puskesmas terdekat sembuh juga tuh rabies (diagnosa dokter puskesmas, tikusnya adalah tikus rabies). Iiih ngeri juga ya.. gak cuman anjing atau kucing yang ada rabiesnya, ternyata tikus juga ada.

Pernah juga sih untuk memasang jebakan atau jepitan tikus yang diberi umpan, namun capek banget deh harus tiap hari ngurusin bangkainya. Juga pernah nebarin racun tikus, cuman bau bangkainnya itu lho yang bikin gak kuat, soalnya si tikus matinya tersembunyi gitu, entah di plapon rumah, atau dikolong rumah.. jadi gimana ya solusinya yang gak terlalu beresiko seperti racun ? yang gak pakai kimia-kimia gitu, back to nature deh.

Akhirnya setelah nanya sana sini, oleh seorang tetangga gw disaranin untuk menebar daun sirsak di tempat-tempat biasa jalan lalunya si tikus. Kebetulan ditempat tetangga tersebut ada pohon sirsak, ya udah minta sekalian aja sama beliau.

nih gan daun sirsaknya

Caranya, sobek-sobeklah daun pohon sirsak tersebut lalu sebar di daerah jalan lalunya tikus tersebut.

Alhamdulillah 2 malam ini saya perhatiin, si tikus sudah gak berani lagi mengobok-ngobok isi dapur, keblenger dia ama baunya daun sirsak.

Mudah-mudahan bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: